Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (1)

Yg dimaksud dgn Ilmu Geologi adalah ilmu yg berkaitan dengan pengamatan struktur batu-batuan yang ada di dlm bumi serta bentuk-bentuknya dan rekahan batu-batuan itu dan pengaruhnya. Sebagai sebuah ilmu, ia memiliki dasar serta cabang-cabangnya yang banyak.


Namun yg akn menjadi perhatian kami dalam pembahasan ini adalah isyarat ilmiah yang terdapat pada beberapa ayat Al-Qur`an yg berkaitan dengan kondisi geologi bumi.


Penelitian yg dilakukan para ahli geologi, salah satunya berkaitan dengan struktur bumi yg memiliki tingkat ketinggian tertentu seperti gunung. Dari penelitian tersebut, didapatkan bahwa berdasarkan geomorphologi, gunung memiliki fungsi sebagai pasak yg menancapkan bumi di jagat alam raya ini.


Di mana puncak gunung menjadi penahan keseimbangan bumi dari arah atas. dan bagian yang menancap di kedalaman bumi atau bagian akarnya menjaga keseimbangannya dari arah bawah serta berhubungan dgn inti bumi.


Dengan adanya gunung-gunung ini, keseimbangan bumi dapat terjaga, sehingga bumi tdk terlalu condong ke salah satu arah di tengah-tengah alam raya yang melingkupinya. Karenanya kami menerima penyebaran gunung-gunung di bumi ini yg tampak teratur pada semua bagian dari permukaan bumi.


Kita mendapatkan, di salah satu belahan bumi terdapat banyak dataran tinggi, sedangkan di tempat lain terdapat banyak dataran rendah.


Demikianlah fungsi dari gunung-gunung ini. dan hal ini, sudah diisyaratkan Al-Qur`an dalam surah An-Nahl ayat 15. Allah SWT berfirman:

”Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi tersebut ngga goncang bersama kamu.”
info umroh maret klik disini


Dengan memerhatikan ayat ini, kami memperoleh ketelitian cara pengungkapan Al-Qur`an dlm memilih kata-kata yang dipergunakannya. Penggunaan kata ‘alqaa’, menunjukkan adanya peristiwa pemindahan materi-materi pembentuk gunung, baik yang berasal dari dasar bumi, lalu mengendap di permukaannya, maupun dari salah satu bagian dari permukaan bumi yg terbawa ke permukannya di bagian lain.


Contoh dari pemindahan yang terjadi dari dasar bumi ke permukaannya, terdapat pada gunung merapi yg menyemburkan lava dari kawahnya. Adapun contoh dari gunung yang terbentuk lantaran endapan yang terjadi di permukaan bumi, maka hal tersebut dapat diakibatkan karna kelapukan dan pengikisan, yg diiringi oleh serangkaian proses perubahan alami dan kimiawi sehingga endapan tersebut menjadi keras dan terkumpul menjadi materi pembentuk gunung.


Penggunaan kata ‘an tamida bikum’ memaparkan fungsi gunung dlm menekan dan mengontrol gerakan bumi sehingga keseimbangannya di tengah-tengah jagat raya ini terjaga.


Inilah petunjuk Al-Qur`an yg mengatakan tentang fungsi gunung-gunung. Di bagian lain, terdapat juga ayat Al-Qur`an yg menunjukkan adanya daratan rendah di permukaan bumi.


Sebagai contoh, sebagaimana disebutkan dlm Al-Qur`an ialah wilayah tempat terjadinya peperangan (sebelum peperangan terakhir) antara pasukan Romawi dan Persia, yaitu lembah sungai Yordania, di mana pasukan Persia menerima kemenangan.


Penelitian yang dilakukan oleh para ahli geologi menunjukkan bahwa lembah sungai Yordania pada saat itu, adalah daratan terendah, dibandingkan daerah lain di belahan bumi ini. Inilah yg disinggung Al-Qur`an dlm surat Ar-Rum ayat 1-3. Allah SWT berfirman:

”Alif Laam Mim. Sudah dikalahkan bangsa Romawi. Di negeri yg terdekat (terendah) dan mereka sesudah dikalahkan tersebut akan menang.”



Read more : paket umroh murah 2015



Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar