Rabu, 04 Februari 2015

Paus Francis berkata : Islam Bukanlah Agama Kekerasan

REUTERS–Paus Francis pada Ahad memaparkan bahwa Islam bukan agama kekerasan dan mendesak pemimpin Muslim utk bersama-sama mengecam terorisme demi menghilangkan citra tersebut.


Francis, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia, mengaku memahami perasaan warga Muslim yang tersinggung atas tuduhan yang menyamakan agama mereka dengan terorisme. Dia menyampaikan pernyataan itu kepada wartawan di atas pesawat kepausan setelah mengunjungi Turki.


Sikap Francis tersebut sangat kontras dgn pendahulunya, Benedict XVI yang pada 2006 lalu sempat memicu protes dari kelompok Muslim ketika dia secara implisit memaparkan bahwa Islam mengajarkan kekerasan. Benedict setelah itu mengulas bahwa perkataannya telah disalah-pahami serta meminta maaf.


Namun demikian, citra Islam sebagai agama kekerasan kembali muncul tahun ini, terutama oleh kebangkitan kelompok Daulah Islam yg menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah. Mereka banyak melakukan eksekusi terhadap penganut Syiah atau aliran lain yang tidak sesuai dgn keyakinan sendiri.


Menanggapi fenomena itu Paus Francis, yang baru-baru ini bekerja sama dgn pemerintahan moderat Islam utk perdamaian dan perlindungan kaum Kristiani di Timur Tengah, menceritakan bahwa ialah hal salah ketika seseorang melampiaskan kemarahan terhadap Islam karna kejahatan terorisme.


”Anda tak bisa mengatakan hal tersebut, sama sebagaimana kita tdk dapat menjelaskan bahwa semua orang Kristen ialah fundamentalis. Agama kami juga dianut oleh orang-orang fundamentalis. Semua agama memiliki pengikut garis keras,” tuturnya.
Info umroh plus turki klik disini


”Mereka (Muslim) mengatakan, `bukan, kami ngga seperti itu, Al-Qur`an merupakan kitab suci perdamaian, ini ialah kitab kenabian tentang perdamaian`,” kata Francis.


Francis jg mengungkapkan bahwa dia mendesak pemimpin Islam utk bersama-sama mengecam terorisme saat bertemu dgn Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Jumat.


”Saya memaparkan kepada presiden bahwa akan sangat baik bila semua pemimpin Islam, baik dari kalangan politik, relijius, ataupun akademik, secara bersama-sama mengecam terorisme. Tindakan ini akn banyak membantu mayoritas Muslim,” kata dia.


Sebelumnya Francis sempat tiga kali mengecam kelompok Daulah Islam dlm kunjungan tiga hari ke Turki. Dia mengatakan bahwa sejumlah umat Kristen terpaksa mesti meninggalkan rumahnya.


Dalam ceramah Misa pada Ahad, dia mengulas bahwa kelompok Daulah Islam telah mengerjakan ”dosa besar terhadap Tuhan” serta mendesak digelarnya dialog antar-agama serta percepatan pengentasan kemiskinan demi mengakhiri konflik di Timur Tengah. Francis memaparkan bahwa pengentasan kemiskinan adalah hal krusial karena hal itulah yang mempercepat tumbuhnya terorisme


Read more : Informasi umroh hemat disini



Paus Francis berkata : Islam Bukanlah Agama Kekerasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar