Senin, 02 Februari 2015

Kumpulan Riwayat tentang Peralihan Kiblat dari Palestina ke Makkah (2)

REPUBLIKA.CO.ID – Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa pun mengerjakan shalat sebagaimana shalat kami, dan menghadap ke arah kiblat kami, dan memakan (hewan) sembelihan kami, maka itulah orang Muslim yang menjadi tanggungan Allah serta Rasul-Nya. Maka janganlah lw merusak tanggungan Allah.” (HR. Bukhari). Anas bin Malik RA mengulas bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Aku telah diperintah utk memerangi manusia, sehingga mereka menjelaskan ‘La ildha illallah’ (tiada Tuhan selain Allah SWT).


Maka apabila mereka telah menyatakan serta mengerjakan shalat sebagaimana shalat kami, dgn menghadap ke arah kiblat kami, dan menyembelih (hewan) dengan cara penyembelihan kami, maka darah serta harta mereka menjadi haram bagi kita dengan haknya.” (HR. Bukhari). Abu Ayub Al-Anshari meriwayatkan bahwa SAW bersabda, “Apabila lw mendatangi tempat buang hajat janganlah menghadap ke arah kiblat, dan jangan pula membelakanginya, tapi menghadaplah ke arah Timur atau Barat (yang bukan arah kiblat).” Abu Ayub berkata, “Kemudian kita datang ke Syam, serta kita menjumpai tandas-tandas yang dibina menghadap ke arah kiblat. Lalu kita berpaling (ke arah lain) dan memohon ampun kepada Allah SWT.” Diceritakan dari Az-Zuhry dari ‘Atha’, dia berkata, “Aku mendengar Abu Ayub bercerita dari Rasulullah SAW seperti itu.”
http://sizematter.blogspot.com


Jabir bin Abdullah RA menceritakan, “Rasulullah SAW memasuki Ka’bah, lalu keluar darinya. Setelah Itu Rasulullah SAW menepuk Ka’bah dgn tangannya sebanyak tiga kali seraya bersabda, “Inilah kiblat, inilah kiblat, inilah kiblat!” Begitulah Rasulullah SAW, apabila menjelaskan sesuatu Rasulullah SAW akn mengatakannya sebanyak tiga kali.” Usamah bin Zaid mengatakan dia bersama Rasulullah pernah memasuki Baitullah. Rasulullah SAW menyuruh Bilal agar membuka pintunya, sementara Baitullah pada ketika itu disangga oleh enam batang tiang. Kemudian beliau memasukinya.


Read more : http://thisniceworld.blogspot.com



Kumpulan Riwayat tentang Peralihan Kiblat dari Palestina ke Makkah (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar